Burung Kenari Anda Macet Setelah Mabung? Berikut 10 Tips Mengatasi Kenari Macet Bunyi

Salam kicau mania. Kembali lagi bersama Seputar Burung Kicau. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara mengatasi kenari macet bunyi. Sebelumnya kami ingatkan kembali untuk mendapatkan informasi seputar dunia burung kicau terbaru, jangan lupa like komen dan subscribe channel Seputar Burung Kicau ya .

10 Tips Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi yang Paling Sering

Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi  – Kenari macet bunyi adalah hal yang mengkhawatirkan. Apalagi jika masalah terjadi saat perlombaan sudah dekat. Tentu si pemilik burung gelisah memikirkannya. Karena itu, akan dijelaskan cara mengatasi kenari macet bunyi. Silakan disimak ini dia caranya:

Kenari macet bunyi
  1. Beri Pakan Sayuran Segar

Sebagian besar kenari tidak berbunyi disebabkan kegemukan. Maka dari itu, memberi pakan sayuran segar snagat diperlukan. Ada banyak makanan sehat jenis sayuran yang bagus untuk burung kenari. Di antaranya sayur mentimun, sawi, wortel dan jagung manis. Silakan beri makanan ini dan dipertukarkan setiap waktu biar kenari makan dengan lahap dan tidak bosan.

  1. Pindahkan Burung Ke Sangkar yang Nyaman

Kenari tidak menyukai sangkar besar. Bisa jadi ini penyebab ia tidak berbunyi. Jika ini terjadi pindahkan burung ke sangkar lebih kecil begitu juga sebaliknya. Biasanya burung kenari kembali berbunyi dan siap untuk berlomba.

  1. Membersihkan Sangkar Dengan Rutin

Jika kandang kotor burung tidak akan nyaman. Kandang kotor juga membuat burung diserang penyakit. Karena di kotoran terdapat kuman yang bisa menyerang tubuh si burung. Jika tidak terjadi penyakit parah minimal stamina kenari lemah. Efeknya ia akan malas berbunyi.

  1. Memberikan Asupan Vitamin Yang Tepat

Jika energi burung kenari down tentu ia malas berbunyi. Meskipun tetap bersuara biasanya pelan dan tidak berirama. Jika dibiarkan burung bisa mengalami gangguan lebih parah. Oleh sebab itu, tetap perhatikan vitamin yang dikonsumsinya.

Multivitamin burung beraneka ragam. Setiap burung memiliki kebutuhan vitamin yang berbeda. Maka dari itu, supaya tidak salah pilih tanyakan terlebih dahulu kepada penjual sebelum membeli. Pastikan vitamin yang dibeli memang khusus burung kenari.

  1. Letakkan Sangkar Jauh Dari Keramaian

Jika di dalam rumah kenari berbunyi lantang tetapi di luar malah macet perhatikan situasi sekeliling sangkar. Bisa jadi, itu dikarenakan kondisi sekitar kandang terlalu ramai sehingga burung stres dan enggan berbunyi.

Sedangkan di rumah berbunyi karena kondisinya sepi. Sehingga si burung leluasa berkicau. Apalagi orang sekitar rumah sudah dikenal dan tidak asing baginya.

Solusi masalah ini letakkan sangkar di tempat jauh dari keramaian. Boleh dicoba di tempat ramai sebagai terapi tetapi lakukan secara perlahan. Karena ketika diikutkan lomba, burung pasti berada di lokasi yang ramai.

  1. Tambah Durasi Penjemuran

Normalnya burung kenari dijemur setelah dimandikan. Namun durasi penjemurannya hanya satu jam bahkan ada yang setengah jam saja. Dikhawatirkan burung masih kedinginan sehingga malas berbunyi.

Solusi masalah ini adalah tingkatkan durasinya maksimal dua jam. Silakan jemur jam 06.00 angkat jam 08.00. Pastikan tidak melebihi waktu tersebut karena dikhawatirkan burung kepanasan.

Jika penjemuran semacam ini dilakukan burung akan tetap segar di pagi hari. Sehingga semangatnya untuk berbunyi tetap tinggi. Jadi pemilik tidak risau ketika membawa burung ke kontes.

  1. Menjauhkan Dari Burung Lain Untuk Sementara Waktu

Jika burung kenari mengalami macet bunyi itu disebabkan stres. Jika ini terjadi sebaiknya jauhkan dulu dari burung lain untuk sementara waktu. Ini agar burung bisa beristirahat untuk memulihkan mentalnya.

Sebagai pemilik burung harus peka dengan masalah ini. Tanda-tanda kenari stres juga harus diketahui sehingga tindakan penyelesaiannya tepat. Jangan malu bertanya pada orang yang lebih berpengalaman soal burung kicau satu ini.

  1. Mengatasi Dengan Daun Mengkudu

Daun mengkudu bukan pakan pokok burung. Tetapi sebatas obat agar burung kembali berkicau. Maka dari itu, berikan makanan ini pada saat terjadi masalah. Setelah burung berbunyi hentikan pemberian pakan daun mengkudu.

Daun Mengkudu bisa diberikan sebelum perlombaan. Ini untuk merangsangnya agar berbunyi dengan lantang. Tak hanya itu, karena suara seraknya hilang tentu kicauan yang keluar bersih dan jernih. Bisa jadi burung kenari tersebut yang menjadi juara.

  1. Amankan Burung Dari Predator Di Malam Hari

Terkadang burung kenari malas berbunyi akibat rasa takut. Bisa jadi itu dikarenakan predator yang menerornya setiap malam. Sehingga rasa takut tersebut terbawa hingga siang hari yang membuatnya enggan berkicau.

Maka dari itu, untuk membuatnya kembali berbunyi jauhkan burung dari predator. Jika diletakkan di luar rumah waspadai keberadaan musang, tikus besar, burung hantu. Jika diletakkan di dalam rumah mungkin yang perlu diwaspadai adalah kucing peliharaan.
ini untuk menciptakan mental burung yang nyaman dan tenang.

  1. Berikan Pakan Telur Puyuh Rebus

Telur puyuh rebus tidak hanya disukai orang, burung juga suka mengkonsumsinya. ini termasuk pakan wajib kenari.
Hal ini disebabkan kandungan telur puyuh yang bisa meningkatkan stamina. Sehingga ia bisa berkicau dengan nyaman tanpa lelah dan sakit tenggorokan. Maka dari itu, tambahkan pakan ini di setiap terjadi masalah.

Namun yang namanya pakan tambahan tentu telur puyuh tidak bisa diberikan setiap waktu. Kasih saja setiap macet bunyi atau beberapa saat sebelum kontes. Ini untuk merangsangnya agar tetap bersuara dengan keras dan indah.

Naah itu tadi 10 tips atau cara mengatasi kenari macet bunyi. sangat jelas bukan. sekian informasi yang dapat kami berikan semoga dapat bermanfa’at. untuk terus mendapat informasi terupdate seputar burung kicau jangan lupa ikuti & subscribe terus seputar burung kicau. Terimakasih

(Visited 41 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.