Cara Mudah Beternak Jalak Suren

Jalak suren adalah burung yang exotis, dengan ciri khas bulunya hitam dan putih, burung ini tipe burung kicau, oleh karenanya banyak yang memelihara burung tersebut untuk didengarkan kicaunya sekaligus diikutkan lomba.

Burung ini memiliki jenis kaki anisodaktil yang membuat kondisi kakinya menghadap ke depan pada 3 jari dan satu jarinya menghadap ke belakang. Fungsi mencengkram yang dimiliki jalak suren masih ada meski begitu.

Cara Ternak Jalak Suren Mudah Bagi Pemula


Berikut adalah beberapa cara dan tahapan dalam memelihara dan menangkarkan burung jala suren, selamat menyimak cara ternak jalak suren bagi pemula berikut ini.

  1. Pilih indukan jalak suren
    Usia ideal dan pas untuk indukan jalak suren betina adalah yang berumur 1 sampai 2 tahun, pada usia tersebut burung masihmemiliki produktivitas tinggi dan sudah siap untuk kawin.

Perlu diperhatikan agar tidak memilih indukan jalak yang masih liar, sebab burung justru akan bertengkar di dalam kandang serta reproduksinya tidak lancar.

  1. Kandang penangkaran
    Tidak ukuran yang benar-benar baku untukkandang si jalak suren. Tergantung dari selera dan dikira-kira seberapa pasnya. Namun untuk sebuah burung jalak suren yang biasa terbang bebas di alam, ukuran kandang ideal mungkin memiliki panjang 2 meter, tinggi 2,5 meter dan lebarnya 1 meter.

Atau bila tidak memungkinkan akibat ketidak tersediaan lahan dan bahan, Anda bisa membuat kandang berukuran 1 x 1 meter. Namun, kasian burung jalak bila tak memiliki ruang gerak yang lebar. Sedangkan untuk material kandangnya bisa dicoba sebagai berikut ini:

Dinding kandang terbuat dari batako maupunbatu bata, sebab bila menggunakan semen maka akan cepat lembab. Burung jalak suren tidak menyukai tempat lembab meski habitat aslinya sendiri adalah berada di dekat air.
Bagian depan kandang bisa menggunakan kawat berlubang atau material apapun, yang penting terbuka dan udara bisa masuk dengan lancar.
Untuk bagian atap, dapat dibuat separuh terbuka. Atap dapat menggunakan asbes dan sebagian lagi kawat.
Lantai kandang terbuat dari tanah saja, agar menyerap kotoran dengan baik dan tidak terlalu bau.
Tempat untuk burung jalak suren bertengger (tangkringan) terbuat dari kayu yang berbentuk kotak saja, atau yang memiliki bentuk ranting alami. Tujuannya adalah agar mudah dicengkram dan tidak licin. Jangan membuat tangkringan yang bulat.
Di habitat aslinya, burung jalak suren juga memiliki sarang untuk tempat ia tidur dan berlindung. Buatlah sarang di dalam kandang dengan papan triplek atau kayu berukuran 25 x 25 x 35 sentimeter. Dapat diletakkan di pojok kandang bagian atas.
Jangan lupa untuk menyediakan wadah air tempat burung jalak suren mandi.

  1. Mencocokkan indukan jalak betina dan jantan
    Mengawinkan burung jalak suren tidak jauh berbeda dengan mengawinkan burung jenis kicau lainnya. Yang paling penting pertama adalah memastikan kelamin burung, setelah diketahui maka burung yang sudah siap kawin dan memiliki usia yang cukup ditempatkan dalam satu kandang yang sama. Kandang tersebut disendirikan dari burung yang lain agar proses kawin tidak terganggu.

Sekian informasi yang dapat kami berikan, semoga dapat bermanfa’at. Terimakasih

(Visited 30 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *